Pasar Inpres Kijang Terbakar, Kondisi Rata dengan Tanah

Lokasi kebakaran di Kijang.
Lokasi kebakaran di Kijang.

BINTAN (MK) –  Kebakaran di Kijang yang terjadi Selasa dini hari (16/8) kemarin, menghanguskan salah satu ikon kota Kijang yaitu Kedai Kopi Hawai tepatnya di Pasar Baru Kijang. Salah seorang saksi di lokasi kejadian mengatakan, awal mulanya api sekitar jam11 malam diduga api berasal dari tengah-tengah pertokoan di sekitar.

Api lalu merambat ke kiri dan kanan bangunan lainnya, karena material bangunan terbuat dari kayu, api jadi cepat menyambar ke bangunan lain yang di sekitarnya. Aisyah(54) salah seorang korban mengatakan, kejadian sangat cepat terjadi, sehingga mereka  tidak sempat menyelematkan barang-barang berharga milik mereka.

“Waktu itu kan saya ada pelihara anjing dua, di depan satu di dalam satu, anjingnya ribut saya penasaran kenapa ribut anjingnya ada apa rupanya, pas saya keluar tetangga bilang ibu bangun buk, ini ada api. Saya tengok dekat rumah tetangga udah ada api masih kecil masih belum besar tapi karena rumah kami. Rata-rata kayu semua jadi api cepat besar, jadi kita semua larilah kita nggak tau harus mau buat apa karena udah panik, karena ruko kami ruko-ruko lama kayunya udah lapok reout jadi cepat terbakar,” papar  Aisyah  sebagai pemilik usaha laundry di pertokoan tersebut.

Api melahap sekitar 20  sampai 30 ruko, yang terdiri dari toko kelontong, toko elektronik, laundry  dan kedai kopi Hawai. Akibat kebakaran tersebut mengakibatkan kemacetan sekitar 4 kilometer. Pemadam kebakaran baru bisa masuk ke lokasi kebakaran pukul 02:00 pagi dini hari dikarenakan kemacetan  yang terjadi akibat kebakaran tersebut.

Menurut Kepala BPBD Kijang,  pihaknya baru diberi kabar pukul 12:30 WIB dini hari. Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka dari kejadian kebakaran tersebut, hanya merenggut kerugian  material. Data sementara yang diperoleh dari Kepala BPBD, kerugian diperkirakan ratusan juta. Kejadian kebakaran tersebut diduga dikarenakan konseleting listrik dari salah satu ruko pertokoan tersebut. (mk/sw)