Wabup Natuna Lepas Peserta Lomba Gerak Jalan Perjuangan

Peringatan HUT RI ke 71

Wabup melepas peserta lomba gerak jalan
Pelepasan peserta gerak jalan perjuangan

Natuna (Marwahkepri.com) – Sudah menjadi tradisi, menjelang peringatan hari jadi kemerdekaan Republik Indonesia, setiap daerah di nusantara mengadakan berbagai even dan perlombaan guna memperingati hari merdekanya Indonesia dari tangan penajajah.

Tidak terkecuali di Kabupaten Natuna, dalam rangka memperingati HUT RI ke-71 tahun 2016, Dinas
Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Natuna mengadakan lomba gerak jalan perjuangan. Ajang ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan panitia menjelang detik-detik proklamasi.

Kali ini, sedikitnya 50 perserta turut berpartisipasi, dibuka dan dilepas secara langsung oleh Wakil
Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti pada Minggu malam (14/8) di pantai kencana, Ranai. Turut hadir
Sekda Natuna Syamsurizon, FKPD, Asisten, Kepala dinas dan kepala Badan.

Dalam arahannya, Wabup Ngesti Yuni Suprapti menyampaikan, kegiatan ini merupakan sebuah implementasi memeriahkan HUT RI ke-71. Diusia NKRI tidak tergolong muda lagi, generasi penerus sisa-sisa perjuangan bangsa dihadapkan kepada permasalahan baru yang sudah tidak semurni harapan para pahlawan.

Meskipun telah mencapai berbagai kemajuan dan keberhasilkan pembangunan disegala bidang, akan tetapi disisi lain kondisi kesenjangan sosial cukup dirasakan masyarakat. Kepedulian terhadap sesama lekasana pembangunan bangsa semakin terkikis, bahkan rasa nasionalisme dan patriotisme makin meredup, dikarenakan berbagai pengaruh negatif dari kemajuan itu sendiri.

Karenanya, Ngesti kembali mengajak seluruh peserta kegiatan dan masyarakat Natuna pada umumnya, untuk kembali menelaah sisa-sisa pahlawan bangsa, yang mana telah mengantarkan kepada era kemerdekaan. Namun terkadang lalai dalam menjalankan tanggungjawab sebagai penerus cita-cita bangsa dan negara.

“melalui momentum ini, kembali ingin saya mengajak seluruh peserta kegiatan, masyarakat kabupaten natuna pada umumnya untuk kembali menelaah sisa-sisa pahlawan bangsa yang telah membawa kita semua kepada era kemerdekaan dgn segala kemudahan”.

Menurutnya, segenap elemen masyarakat harus mengesampingkan rasa dan kepentingan pribadi untuk kembali membangkitkan kepedulian terhadap pembangunan bangsa melalui kontribusi nyata sesuai peran, tanggungjawab dimiliki.

“sebagaimana diketahui bersama bahwa saat ini natuna mendapat perhatian besar dari pusat untuk percepatan pembangunan, menjadikan natuna sebagai wilayah terdepan dengan ketahanan ekonomi dan ketahanan wilayah terdepan”.

Sebab itu, peningkatan kompetensi diri serta niat tulus membangun daerah harus dibangkitkan kembali, saling bahu membahu guna mewujudkan Natuna Maju, Sejahtera dan Bertamadun (MSB). Disamping itu membentengi diri dari segala pengaruh negatif globalisasi seperti narkoba merusak karakter dan mental generasi penerus.

Peserta pertama regu SMA 1 Ranai dilepasa Wabup Ngesti Yuni Suparti sekitar pukul 21.00 wib, peserta selanjutnya dilepas Danlanud Ranai Kolonel Pnb Nurtantio Affan, Sekda Natuna Syamsurizon, Dandim 0318 Letkol (Inf) Uncu Yustian, DanLanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Badrudin, dan para Asisten Bupati.

Peserta lomba gerak jalan perjuangan diprakarsai Dispora Natuna ini meliputi kategori Putra pelajar, putri pelajar, Putri Umum dan Putra Umum. Kategori putra pelajar dan putra umum rutenya melalui pantai kencana, jalan pramuka, kantor bupati, air raya, sual, Ranai Darat dan fisih di pantai kencanan. Sedangkan rute untuk putri pelajar dan putri umum rutenya lebih pendek, melalui jalan pramuka, sual, Ranai darat dan finish ditempat yang sama.(mk/nang)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.