BPKAD Natuna Gelar Bimtek Tata Usaha Keuangan

Acara BPKAD
Bimtek Tata Usaha Keuangan

Natuna (Marwahkepri.com) – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Natuna menggelar bimbingan teknis tentang Tata Usaha Keuangan Daerah tahun anggaran 2016. Acara yang dilaksanakan di gedung sri Serindit, Ranai, dibuka oleh Asisten Bupati Iswar Aspawi.

Adapun peserta dilibatkan dalam kegiatan bimtek ini meliputi, Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK), Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), Staf Pejabat Penatausahaan Keuangan, bendahara pengeluaran SKPD, serta dihadiri Staf BPKAD bertindak sebagai pendamping pengelola keuangan.

Turut hadir pada kesempatan itu fasilitator dari Kementerian Dalam Negeri, yakni Kasubdit Pelaksanaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah wilayah III Achyar, dan sejumlah kepala dinas dan badan di lingkungan pemerintah kabupaten Natuna.

Dalam arahannya, Kepala BPKAD Natuna yang disampaikan melalui Kabid Perbendaharaan Ikhwan Solihin mengatakan, dasar pelaksanaan bimtek tersebut adalah Peraturan Pemerintah nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah, Permendagri nomor 13 tahun 2006 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Permendagri nomor 21 tahun 2011 tentang pedoman pengelola keuangan daerah.

Kegiatan ini juga dilandasi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Natuna nomor 6 tahun 2013 tentang pokok-pokok pengelola keuangan daerah, Perda nomor 01 tahun 2016 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Natuna tahun anggaran 2016, Perbup Natuna nomor 12 tahun 2016 tentang penjabaran anggaran Pendapatan dan belanja daerah Natuna tahun 2016, dokumen pelaksana anggaran (DPA) No 1.20.1.20.05.17.23.5.2 kegiatan bimtek tata usaha keuangan daerah tanggal 11 maret 2016.

Sedangkan tujuan pelaksanaan bimtek merupakan implementasi pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah yang taat kepada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif dan transparan. Gunanya untuk mencapai suatu tujuan dan sasaran telah ditetapkan dan meliputi adanya kejelasan peranan dan pertanggungjawaban pengelola keuangan daerah.

Disamping itu juga bertujuan agar tersedianya sistem dan prosedur keuangan, keterbukaan dalam perencanaan pelaksanaan dan pelaporan anggaran dan adanya jaminan akuntabilitas keuangan atas kebijakan daerah secara baik dan benar serta tepat sasaran dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan pertanggungjawaban anggaran.

Ruang lingkup pelaksanaan kegiatan bimtek ini meliputi penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan daerah.

“kami berharap agar acara ini dapat terselenggara dengan baik, dan para peserta juga bisa mengikuti acara ini sampai selesai, demi kebaikan kedepan”. tutupnya.(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.