Aparat Perketat Penjagaan Bandara Hang Nadim

Polisi hang nadim

BATAM (MK) – Bandara Internasional Hang Nadim Batam mendapat tambahan pengamanan sebanyak 54 personel dari Kepolisian dan TNI untuk membantu mengamankan masyarakat yang hendak mudik Idul Fitri ke kampung halaman.

“Mulai kemarin (Minggu) petugas tersebut sudah membantu pengamanan Hang Nadim Batam. Itu sesuai instruksi Menteri Perhubungan agar meningkatkan pengamanan bandara,” kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Senin.

Ia mengatakan, posko pelayanan dan pengamanan yang didirikan di Bandara Internasional Hang Nadim juga ditambah satu sehingga menjadi tiga pos.

“Kemarin juga sudah didirikan satu pos lagi. Sehingga saat ini jadi tiga pos. Pihak Dinkes juga menambah sebuah mobil ambulan dan lima petugas, sehingga ada dua ambulans,” kata dia.

Peningkatan pengamanan tersebut, kata Suwarso, diharapkan mampu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi calon pemudik saat hendak terbang dari Hang Nadim Batam.

“Tahun ini jumlah pemudik kan jauh lebih tinggi dibandingkan 2015. Jadi Pak Menteri (Menhub Ignasius Jonan) minta pengamanan bandara ditingkatkan sehingga tidak terjadi kendala bagi pemudik,” kata Suwarso.

Bandara Internasional Hang Nadim menjadi salah satu jalur mudik tersibuk di Batam selain sejumlah pelabuhan yang menghubungkan Batam dengan sejumlah wilayah di Provinsi Kepri, Riau, dan Jambi.

Kapolsek Bandara Hang Nadim Batam, Iptu Thomas Charles mengatakan hingga H-3 kondisi di bandara masih kondusif, tidak terjadi gangguan baik pesawat tertunda, dan tindak kejahatan.

“Hingga saat ini masih lancar. Belum ada gangguan keamanan. Penerbangan juga sesuai jadwal sehingga tidak sampai membuat calon penumpang kesal akibat tertunda,” kata dia.

Dengan tambahan petugas tersebut, kata dia, pihaknya bisa lebih rutin melakukan patroli pada seluruh bagian bandara baik areal checkin, ruang tunggu, ruang kedatangan, maupun kawasan depan bandara. (mk/r/an)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.